Air Mancur Menari Ala Dubai


.


APA sih yang tidak menarik atau fantastis dari Dubai? Yang jelas, negara penghasil minyak ternama di dunia ini kali ini  memperkenalkan proyek menawannya yakni Air Mancur Dubai atau The Dubai Fountain. Ini merupakan air mancur yang mampu ‘menari’ di danau buatan seluas 30 hektar di pusat kota Dubai.
Air mancur ini di desain oleh WET (Water Entertainment Technologies) yakni perusahaan asal California yang telah menciptakan air mancur indah di Bellagio Hotel Lake di Las Vegas, Amerika. Konon, pembangunannya menelan biaya  sekitar AED 800.000.000 (USD 218 juta).

Diterangi oleh 6.600 lampu dan 25 proyektor warna, air mancur tersebut mampu menyemburkan air ke udara mencapai ketinggian 275 m (902 kaki) dan tunas air 150 m (490 kaki) serta ‘tarian’ air yang diiring dengan musik klasik kontemporer Arab.


Pengembang Emaar Properties menamai air mancur ini setelah menggelar kontes yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut. Pengumuman hasil pemenangnya diumumkan pada tanggal 26 Oktober 2008, sedangkan pengujian air mancur di mulai pada bulan Februari 2009.
Akhirnya, air mancur spektakuler tersebut diresmikan pada 8 Mei 2009 bersamaan dengan upacara pembukaan resmi Dubai Mall. Lalu, pada tanggal 2 Januari 2010 ketinggian air mancur Dubai ditingkatkan menjadi 275 m (902,2 kaki).

Dubai Fountain mampu menyemprotkan 22.000 galon (83.000 liter) air di udara setiap saat. Lebih dari 6.600 lampu dan 25 proyektor warna terpasang di air mancur tersebut, sehingga kombinasi pola yang berbeda, sinar cahaya dari air mancur dapat dilihat lebih dari 20 mil jauhnya.
Air mancur Dubai ini menggunakan  mesin pompa ‘jet air’ bertekanan tinggi dan penembak air mancur terdiri dari pendayung, ‘robot udara’ yang dapat membuat air terlihat seakan-akan menari.

Selain itu, mesin Shooters yang menembak air ke atas, Super Shooters, menembak air di bawah dengan tekanan hingga 240 kaki di udara , Extreme Shooters yang menembakkan air di bawah dengan tekanan lebih dari dari 420 kaki di udara dan tembakan ini menghasilkan suara yang sangat keras setelah dilontarkan.
Air mancur ini merupakan animasi dengan pertunjukan cahaya dan musik. Pertunjukan berlangsung setiap 20 menit yakni pukul 18.00, pukul 10.00 di hari kerja, dan pukul 06.00, pukul 11.00 pada akhir pekan.
Beberapa musik yang dimainkan antara lain, ‘Sama Dubai’, sebuah penghargaan kepada penguasa Dubai, Sheikh Mohammed, yang biasanya menjadi pertunjukan pembuka setiap harinya. ‘Baba Yetu’, lagu pemenang penghargaan dalam bahasa Swahili, tarian arab terlaris di dunia ‘Shik Shak Shok’, yaitu sebuah lagu Emirat yang khusus ditulis untuk peresmian Khalifa Burj pada tanggal 4 Januari 2010 dan beberapa musik yang mengandung sejarah lainnya. (sumber:wikipedia)




One Response to “Air Mancur Menari Ala Dubai”

  1. Wynn Slots | DrMCD
    Slot machine. All casinos 안동 출장안마 feature payouts. We have multiple ways to win, but the best way 인천광역 출장마사지 to win money is through some 보령 출장샵 kind of money. At MGM, you'll 강원도 출장안마 get 화성 출장안마 the best of

Your Reply